Cara Mengetahui dan Menghitung Masa Subur Wanita

Bagaimana cara mengetahui masa subur pada wanita? menurut wikipedia, ada 3 cara untuk mengetahui dan menentukan masa subur pada wanita yaitu, Perubahan Periode Menstruasi, Perubahan Lendir Servik, Perubahan Suhu Tubuh.

Masa subur sendiri adalah, masa siklus menstruasi dimana terdapat sel telur yang matang dan siap dibuahi oleh sperma, sehingga kemungkinanya akan lebih besar bisa terjadi kehamilan jika sang perempuan melakukan hubungan seksual.

Akan saya jelaskan lebih terperinci mengenai 3 cara dalam menentukan dan menghitung masa subur pada wanita seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Menghitung Masa Subur Wanita


3 Cara Menentukan  Masa Subur Pada Wanita

1. Perubahan Periode Menstruasi atau Siklus Hamil

Metode Siklus haid normal 28 hari
Ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa siklus haid yang normal adalah 28 hari dan pertengahan siklusnya adalah hari ke 14 (28 : 2 ) dan masa suburnya itu 3 hari sebelum dan setelah hari ke 14. Jadi, masa subur bisa diprediksi terjadi pada hari ke 11 dan 17.

Metode Sistem Kalender
Sangat disarankan oleh para dokter ahli, sebaiknya sebelum menggunakan metode ini pasangan suami - istri harus mengetahui masa subur masing-masing. Rumus untuk menghitung dengan sistem kalender adalah sebagai berikut.

Masa Subur = Hari Terakhir Haid Menstruasi + 13
Masa Prasubur = Masa Subur -3 & Masa Subur + 3

2. Perubahan Lendir Servik

Untuk menentukan masa subur juga dapat diketahui melalui pemeriksaan getah lendir mulut rahim, dan anda dapat melakukannya sendiri, perlu diingat! bersihkan dulu tangan anda sebelum melakukan hal ini.

Cara :
  • Periksa lendir dari mulut rahim setiap hari karena hormon estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi. Biasanya lendir rahim akan terasa encer.
  • Raba dengan telunjuk anda lalu rekatkan lendir seperti membentuk benang dengan jarak 2 – 3 cm, jika lendir tersebut terputus tandanya tidak subur, dan apabila lendir tersebut tidak terputus maka ada dalam masa subur. tingkat keberhasilan dengan cara ini hanya sekitar 60% – 70% saja.

3. Perubahan Suhu Tubuh

Pada waktu ovulasi turun dulu dan naik kembali mencapai 37 – 38 derajat celcius dan tidak akan kembali ke suhu normal 35 derajat. Suhu tubuh normal basanya 35,5 – 36 derajat celsius.

Cara :
Lakukan pengukuran suhu tubuh pada pagi hari setelah bangun tidur sebelum melakukan aktivitas apapun, kemudian masukkan termometer ke dalam dubur atau mulut vagina selama 5 – 6 menit. Tutup kembali mulut vagina selama pengukuran berlangsung, lakukan hal ini setiap hari pada jam yang selama 3 bulan.

Hal yang harus dihindari selama melakukan cara ini
  • Jangan lakukan jika tubuh dalam kondisi demam
  • Jangan tidur dibawah lampu yang panas
  • Jangan tidur dengan menggunakan AC dalam suhu yang  tinggi

Apakah anda sudah ada gambaran tentang bagaimana cara menghitung masa subur? semoga artikel diatas bisa memberikan sedikit informasi dan gambaran tentang hal ini, sangat dianjurkan jika anda berkonsultasi dengan dokter ahli supaya mendapatkan informasi yang lebih akurat.
Title: Cara Mengetahui dan Menghitung Masa Subur Wanita; Written by Binahong Cream; Rating: 5 dari 5